Dekati Situs Nuklir Beracun, Kebakaran Dahsyat California Berpotensi Timbulkan Bahaya Baru

Dekati Situs Nuklir Beracun, Kebakaran Dahsyat California Berpotensi Timbulkan Bahaya Baru
Dekati Situs Nuklir Beracun, Kebakaran Dahsyat California Berpotensi Timbulkan Bahaya Baru. Kebakaran dahsyat di California, Amerika Serikat (AS), yang melanda kawasan hutan dan permukiman berpotensi menimbulkan bahaya baru. Pasalnya, kobaran api mulai mendekati situs nuklir beracun.
Kebakaran mulai terjadi sejak 8 November pekan lalu, yang sudah menewaskan 48 orang. Banyak rumah hancur dan ratusan orang masih dinyatakan hilang.
Area yang terbakar sejauh ini sudah mencapai 52.600 hektare. Kebakaran dahsyat yang dikenal sebagai “Woolsey Fire” tersebut dilaporkan mulai mendekati Santa Susana, tempat uji coba nuklir yang terkontaminasi.
Laboratorium Lapangan Santa Susana (SSFL) adalah bekas fasilitas penelitian nuklir dan aeronautika yang mengalami kebocoran nuklir parsial yang dirahasiakan pada tahun 1959. Laporan yang dilansir Sputnik, Kamis (15/11/2018), menyebut sebagian dari situs itu sudah terkena dampak Woolsey Fire.
Pemerintah California pekan lalu mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa api bergerak menjauh dari situs SSFL.”Itu tidak menyebabkan bocornya bahan berbahaya yang akan menimbulkan risiko bagi orang yang terkena asap,” kata pemerintah California dalam pernyataannya.
Tetapi, pernyataan itu gagal meredam ketakutan para aktivis lokal dan aktivis hijau. Physicians for Social Responsibility (PSR), sebuah LSM yang mengadvokasi masalah lingkungan, mengklaim bahwa Departemen Pengawasan Zat Beracun California telah lama menunda pembersihan fasilitas nuklir tersebut. Situs itu terletak sekitar 50 km sebelah barat laut dari Pusat Kota Los Angeles.
PSR khawatir bahan-bahan beracun dapat tumpah di tanah dalam bentuk abu radioaktif.
“Kami tahu zat apa yang ada di situs dan seberapa berbahayanya. Kami berbicara tentang radionuklida yang sangat berbahaya dan bahan kimia beracun seperti trikloretilena, perkhlorat, dioksin dan logam berat. Bahan beracun ini berada di tanah dan vegetasi SSFL, dan ketika itu terbakar dan menjadi udara dalam asap dan abu, ada kemungkinan nyata paparan tinggi untuk penduduk setempat,” kata Dr Robert Dodge, presiden PSR yang berbasis di Los Angeles.
Selain itu, anggota masyarakat setempat juga telah memperingatkan risiko yang terkait dengan kontaminasi SSFL. Melissa Bumstead, yang tinggal 20 mil dari SSFL, telah meluncurkan petisi online untuk mendesak otoritas lokal untuk “berhenti berbohong” dan membersihkan situs tersebut. Petisi itu mendapat dukungan sebanyak 458.000 tanda tangan.
Dia mengklaim bahwa investor swasta telah menghambat upaya pembersihan situs. “Perusahaan Boeing, yang sebagian memiliki situs, mengusulkan agar lahan terbuka untuk keluarga guna rekreasi, bahkan ketika bencana masih belum dibersihkan. Ini adalah tugas Departemen Pengawasan Zat Beracun untuk membersihkan kekacauan ini, tetapi mereka tidak mengambil tindakan yang berarti. Sebaliknya mereka merilis Laporan Dampak Lingkungan yang mengusulkan untuk meninggalkan sejumlah besar limbah radioaktif dan karsinogen di tempat secara permanen,” paparnya.

Comments

Popular posts from this blog

Marc Marquez Siap Wujudkan Mimpi Tim Repsol Honda Di Valencia

Ini Penampakan Berlian Pink Legacy 19 Karat Yang Laku Rp737 Miliar

Dorna Sports Akan Lantik Dani Pedrosa Sebagai Legends Hall of Fame